Kata yang Dapat Beasiswa

Kelas Akber Bekasi mendatang adalah tentang Beasiswa. Profil singkat gurunya, yaitu Suci Lestari Yuana (@geknana) bisa dibaca di link ini.

Sebelumnya, kami juga bertanya ke teman-teman yang pernah mendapat beasiswa, kenapa mencari beasiswa dan bagaimana caranya. Di bawah ini jawabannya :

Kenapa Mendaftar Beasiswa? 

Liburan bergelar! Itu yang komentar temanku yang membuatku termotivasi untuk mendaftar beasiswa. Jika memang tidak perlu keluar biaya untuk tinggal dan sekolah di luar negeri dan juga bisa berkunjung ke negara-negara lain serta pulang dengan mencantumkan gelar Master, kenapa tidak? Aku pilih belajar di Belanda karena selain kualitas pendidikannya yang sudah terstandarisasi berdasarkan standar yang berlaku di Uni Eropa juga karena negara ini termasuk dalam negara yang memberlakukan schengen visa alias dengan satu visa bisa memasuki – saat itu – 16 negara Eropa lainnya tanpa perlu mendaftar visa lagi. Jadi, kenapa masih menunda? Yuk, mumpung masih banyak negara yang memberikan beasiswa bagi warga Indonesia. Negara kita sudah dikategorikan Middle-Income Country lho. Artinya, bantuan pembangunan untuk Indonesia mulai dikurangi. Jadi, ayoooo, manfaatkan selagi masih ada. (Dera Eharlina, European Public Affairs (2002-2003) – gelarnya MA alias Master of Arts Universiteit Maastricht, Belanda 

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa tersebut?

Menurutku, kemampuan bahasa Inggris-ku menjadi tantangan utama untuk bisa mendapatkan beasiswa karena pada umumnya universitas yang dituju mensyaratkan nilai minimal TOEFL 550. Maka, aku mempelajari dan berlatih TOEFL lewat buku dan juga mengambil kursus kilat selama 2 minggu untuk menaikan nilai TOEFL-ku. Aku juga mengambil ujian Institutional TOEFL di institusi yang diakui yang biayanya jauh lebih murah daripada ujian TOEFL resmi. Memang perlu kerja keras dan mengeluarkan sedikit uang, tetapi menurutku ini bagian dari usaha untuk bisa sekolah gratis ke luar negeri. (Dera Eharlina, European Public Affairs (2002-2003) – Master of Arts Universiteit Maastricht, Belanda)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s