AkberBks7 – Mengoptimalkan Fungsi Kamera Saku

Kalau biasanya relawan Akber Bekasi yang memotret suasana kelas, kali ini justru guru Akber Bekasi yang mengabadikannya dalam beberapa jepretan foto. Maklum, kelas ke-7 Akber Bekasi bertema potret memotret, tepatnya “Mengoptimalkan Fungsi Kamera Saku”.

Kelas ini berlangsung tanggal 15 September 2012 di STMIK Bani Saleh, Bekasi. Gurunya kami impor dari kota gudeg Yogyakarta (karena domisilinya memang di 2 kota, Yogya dan Depok). Beliau seorang fotografer, CEO Colorful World (studio), dan Head of TDA Yogya alias Tangan Di Atas cabang Yogyakarta, Danto Adityo.

Materi yang diberikan Danto antara lain pengenalan kamera, aturan-aturan komposisi (mulai dari 1 : 3, hingga komposisi bebas) dan pengaturan-pengaturan bukaan cahaya saat memotret.

Setelah itu murid-murid Akber Bekasi diminta langsung praktek memotret. Tidak usah jauh-jauh, cukup di luar kelas dan masih di dalam lingkungan STMIK Bani Saleh. Kamera boleh jenis apa pun. Boleh pakai DSLR, kamera saku, bahkan kamera handphone juga silahkan. Waktunya sekitar 30 menit.

Setelah itu, murid-murid kembali ke kelas dan dipersilakan menunjukkan karyanya pada guru dan teman-teman sekelas. Sayangnya tidak semua murid mau memampang hasil jepretannya pakai OHP. Tapi buat mereka yang berani memamerkan hasil fotonya di layar di depan kelas, Danto mengapresiasinya dengan berkomentar mengenai pemilihan objek dan komposisi.

Nah, kan… Kapan lagi hasil foto kita dikomentari sama pakarnya fotografi!

Kelas berakhir sekitar pukul 16 alias berlangsung kira-kira 2 jam. Setelah itu, seperti biasa, guru dan murid berfoto bersama.

Lalu… Ada informasi keren dari Danto sebelum berpisah dari kelas ini. Beliau mau buka cabang Colorful World (studio)-nya di Depok! Ada lho murid kelas ini yang langsung daftar jadi fotografer di sana. *kedap kedip*.  Dan langsung disambut gembira oleh Danto.  Curriculum Vitae dan contoh karya menyusul yaaaa.

Asik kan kelasnya? Itu karena berbagi bikin happy!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s