Anak Muda dan Sepeda Motor #AkberBks13

Naik motor itu membahayakan lho kalau gak disiplin. Banyak yang mati konyol. Serem kan.. Makanya buat yang nggak dateng kelas Akademi Berbagi di LP3T Nurul Fikri Tanggal 13 Januari kemarin, yuk di simak penjelasan Mas @andryberlianto. 

4TaLvx09O8IUOOsgAOZ1mNT_TBWy_2IIrwxZ9DlLGLQ

Kesadaran akan kedisiplinan berkendara motor harus kita tingkatkan, jangan pernah anggap remeh! Kenapaaa?? Yuk simak :

  1. Sepeda motor telah menjadi kebutuhan primer transportasi, kemudahan proses SIM  dan pembelian kendaraan membuat roda dua semakin populer.
  2. Atas kemudahan tidakah budaya aman berkendara jadi terpinggirkan. Berkendara tidak lagi dilakukan sistematis atas azas ‘safety’.
  3. Generasi muda disorot karena tampil sbg awalan pembentukan generasi mendatang dalam kaitannya dengan kualitas mengemudi.
  4. Pengendara usia muda dan belum punya SIM jadi fakta mengejutkan. Apakah secara mental atau fisik mereka siap?
  5. Dituntut keinginan pribadi untuk memperbaiki kualitas, menurunkan angka kecelakaan dan jd ‘safety’ trendsetter di kalangan muda.
  6. Selain menyenangkan, berkendara jg membahayakan lho. Tdk ada batas antara tubuh dgn aspal. Kalo jatuh ya lgsg kena aspal.
  7. Ada sisi pemahaman tentang persepsi bahaya. Apa yg kita lihat di jalan raya sesungguhnya adalah objek-objek yg berpotensi merugikan
  8. Kecelakaan? Kita bisa jadi korban, penyebab atau hanya sekedar terlibat. Ngeri kalau tau jumlah harian yang tewas karena celaka lalu lintas.

KTM-525-EXC

Nah ini isi kelasnyaa…

  • Ternyata naik motor itu termasuk salah satu aktivitas paling membahayakan.
  • Potensi kecelakaan motor lebih besar dibandingkan kendaraan lain..karena langsung bersentuhan dengan aspal.
  • Kalo mau lurus dari persimpangan.. cek spion dulu setelah itu baru liat kanan kiri..
  • Semakin lama mengemudi..harus semakin berkualitas.
  • Banyak orang mengendarai motor dengan membawa referensi masing-masing..
  • Di luar negeri ada tahapan untuk bisa mengemudi motor sampai status Learner lepas..
  • Setiap hari secara rata-rata ada 86 orang meninggal karena kecelakaan. Peluang celaka = 86%, 86 Setiap hari, 31.234 pada tahun 2010…
  • Kita sebagai pengendara itu terbagi 3 bagian: bisa sebagai korban, orang yang terlibat dan  pembuat kecelekaan.
  • Jangan pernah bunyi klakson apabila ada hewan di depan kita, karena hewan bisa shock atau kaget, dan mencelakan kita .
  • Yang harus di perhatikan untuk kendaraan kalian adalah : BROSS BROSS?? : (B)ody kendaraan, (R)em, (O)li, (S)istem kelistrikan, (S)urat menyurat.. catet yah!
  • Tekenan angin yang ideal untuk motor adalah : 128 psi untuk yang ban depan 131 psi untuk yang ban belakang..
  • Kaca spion jgn diganti yang lebih kecil ya Akberians, jangan hanya utk gaya-gayaan tapi malah kita yang celaka!
  • Masa berlaku ban itu idealnya hanya 2 tahun, jd kalo uda lebih dr itu jgn dibeli krn itu sdh tdk layak guna lagi
  • Strength Weaknesses Threats Opportunities.
  • kalo dibonceng minimal pegang paha sendiri..lebih baik meluk (cat:sudah muhrim ya..):) jangan pegangan dibesi belakang.
  • posisi naek motor harus benar..siku terbuka,biar lebih fleksibel..
  • mata harus lurus..body sejajar motor..
  • stang berfungsi mengarahkan roda depan..transmisi berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan..
  • Resiko adalah konsekuensi dari suatu aktivitas..kalo naek motor contohnya ditilang,kecelakaan dll
  • Sedangkan bahaya/hazard adalah sesuatu yang menimbulkan kerugian..hazard dibagi 2:dinamis dan statis..
  • fungsi klakson adalah memberikan kode..etikanya hanya 2x jangan terus menerus
  • karakter mesin matic hanya untuk city riding, tidak di design untuk perjalanan jauh..
  • idealnya cek spion setiap 5-8 detik sekali..

7PWuVWO64q6YSQJ1_UTWQItmobbRIwG8hpeUNeZwmm4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s