How To Be A Good Public Speaker #AkberBks18

mb6f9T8pl9MOdhDtTvp3TFypxG6YyrQqDECM-HvS0jw

Dari sekian kelas Akademi berbagi Bekasi, akhirnya terselenggara juga loh kelas Public Speaking yang sudah di tunggu-tunggu banyak murid AkberBekasi.

Beruntung, Mam Attie Ringo salah satu mentor L.I.F.E Toastmaster bersedia datang ke Bekasi yang ditemani oleh junior beliau di Toastmaster, Fransisca Purnamasari.

Mam Attie Ringo

Mam Attie Ringo

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu Toastmaster? Toastmaster sebagai Organisasi Public Speaking International mengantarkan Akber Bekasi untuk mengundang Mam Attie sebagai senior dalam Public Speaking.

Walaupun sudah tidak muda lagi, Mam Attie adalah orang yang sangat bersemangat dan memiliki humor yang tinggi juga sangat piawai dalam Public speaking.

Sejumlah prestasi pun telah beliau raih, diantaranya memenangkan Table Topics Speech Contest, Division level. Toastmaster of the year of District 57 tahun 2009. Pemegang Advanced Communicator Silver. Mendapatkan High Leadership Performance Certificate dari Toastmasters International. Juga Advanced Leader Bronze dan sedang menunggu certificate Advanced Leader Silver.

Beliau adalah President Distinguished Division Governor Toastmasters Club periode 2010-2011″. Dan 2012-2013 beliau menjadi club Mentor untuk L.I.F.E. Toastmasters Club.

LNvW3_AJuZxbZkR2MUijSPlgA4gd0chJimJ13egtBZ8

Kelas di mulai dari pertanyaan MC pembuka kelas, “Bagaimana perjalanan hari ini menuju kelas?”. dan dijawab dengan, mmmm.. Ruar biasaa.. Karena memang lokasi kita kali ini cukup lumayan jauh dari gedung utama Unisma, dan mungkin jadi banyak yang kesasar. Tapi tentunya tidak mematahkan semangat untuk belajar,  walaupun murid-murid yang datang jadi terlambat.

Terlambat bukan jadi halangan, dan Mam Attie yang juga terkena macet rela menunggu para murid agar tidak ketinggalan materi hari itu.

Serius Belajar

Serius belajar

Lalu apa saja sih yang didapat dari kelas akber ke 18 ini? Tentunya banyak dong, dan pulang-pulang jadi full tank.

Guru bernama lengkap Samoati Siringoringo memulai kelas dengan memperlihatkan beberapa Public Speaker terkenal seperti, Barrack Obama, Bill Clinton, hingga Mam Attie sendiri. 😀

Lalu, apakah kita bisa seperti mereka? “TENTU!!” Jawab Mam Attie semangat.

Bagaimana kita bisa melakukannya?

  1.  Jangan Takut / Berani.
  2. Percaya Diri
  3. Prepare and Practice

Bagaimana mempersiapkannya?

  1. Listen
  2. Read
  3. Search
  4. Write

Bagaimana cara melatihnya?

  • Baca dengan keras
  • Latihan
  • Mencobanya di pangggung
  • Mengingat
  • Berbusana yang baik
  • Berjalan dengan percaya diri
  • Jabat Tangan
  • Senyum

Kemudian ketika sudah berhadapan dengan audience dan memulai berpidato, apa yang harus diperhatikan?

  1. Body language
  2. Ekspresi wajah
  3. Sikap
  4. Kontak Mata
  5. Suara

Tips ciamik dari Bu Attie adalah gunakan formula A B C D .

A – Attention Grabbing atau Menarik perhatian bisa dengan Lagu, mengajukan pertanyaan, atau melontarkan candaan.

B – Blueprint , yaitu dengan Bicara, Ilustrasi, dan penjelasan

C – Coaster , yaitu menjaga suara agar tetap stabil dan enak di dengar. Pilihannya ada, High – Low , Fast – Slow, Loud – Soft. Dan jangan sampai mengeluarkan kata-kata yang tidak penting.

D – Destination atau meberi tujuan dan manfaat untuk para pendengar atau audience, Seperti memberikan pelajaran moral, Informasi, Persuasi, Inspirasi, dan mengundang untuk bergerak lebih. Jangan lupa juga menyertakan kesimpulan yang kuat.

Kelas yang di adakan tanggal 20 April pukul 10 ini, berdurasi 180 menit loh! Lama tapi tidak terasa, karena ini adalah kelas yang keren! Salah satu faktor kenapa lama, karena Mam Attie mengajarkan murid-murid untuk praktek langsung! Whuuaa.. jadi pada uji keberanian kan 😀

XxKyMc1Zs1b4yikXG02C6L7eN93mgqpbk54Cw7X2PSc MI92wx9YhOul7-QkVknzxdRz345dwcO0XA46LLaoyJs mcYTxIOTFYqlfSCMkiJk-yjoHDu_5Wq5nbPfOOfPADo uXfsJ17xFHj8eD-bWXMVk5YaSt_7KWTJkbMzzATFUkA d9kOOeBaWxu_yJsDXwnvqbHNGtSznZjnf0eNNWOUfhU

Terima kasih ya Mam Attie atas ilmunya yang dahsyat, terima kasih juga untuk pihak Unisma, murid-murid yang datang, dan para relawan.

Ada satu Quote yang bagus dari Mam Attie, “Be Free, Not Cheap” \o/

Dan ini, terima kasih untuk mentionnya teman-teman 🙂

Clara Puspa ‏@Claire_id @akberBKS banget! Baru 1x dtg tp bener2 lgsg praktek, brmanfaat pake banget, nyesel deh yg ga dtg~ gratis tp ga murahan *Mrs Atie’s quote♥

Kotaro Minami ‏@Ferry_Arta : Seru bgt materi dari Ibu Atiek Ringgo tentang “How to be a good public speaker” di kelas @akberBKS 😉

Banyak banget nih yang di dapet hari ini di @akberBKS , kapan-kapan bikin kelas lagi soal body leanguage yayaya hehe 🙂

fitta astriyani ‏@fit_star20  : Menyimak ulang acara yg super duper seru siang td. ^o^

@vigax Bekal public speaking dari @akberBKS buat besok ngasih sambutan itu mantep bangets ♥\(´▽`)/♥

@rans_bear: Thank you @akberbks, dapet ilmu baru lagi deh ☺

Meiftia Hartono ‏@Meiftia20 : Yeay, msh tetep bs belajar lwt TL @akberBKS walo ga bs dateng. Thanks

Pep ‏@donnypep : Kelas @akberBKS hari ini keren banget ilmunya, tuips! Simak di timeline-nya ya 🙂

Iklan

2 responses to “How To Be A Good Public Speaker #AkberBks18

  1. Sebetulnya yang hebat itu audiens dan mentornya, Suzie Izus. Antusismenya sangat tinggi. Salut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s