1th Anniversary Akademi Berbagi Bekasi

life-with-cake-anniversary Jadi Akberian sudah pada tahu kan, kalau Tgl 2 Mei kemarin ulang tahun Akber Bekasi yang juga bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional?!?

Tepat di tanggal itu hingga kelas berakhir, ucapan selamat melalui twitter @AkberBks terus mengalir. Tentunya kami mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu Akber Bekasi selama setahun kemarin, dan semoga di tahun-tahun kedepan Akber Bekasi bisa terus konsisten untuk terus berbagi.

Ucapan Selamat Dari Para Akberian

Ucapan Selamat Dari Para Akberian

Bulan Mei ini juga menjadi berkah yang luar biasa, karna  Akber Bekasi menyelenggarakan kelas ke 19 yang sekaligus memperingati hari jadi kami yang pertama itu. Kelas bertema “Memberdayakan Komunitas” yang satu bulan terakhir di godok agar berbeda dari kelas-kelas biasanya, Alhamdulillah telah berjalan sukses. Tema yang di adakan yaitu atas kebutuhan komunitas Bekasi yang kami harap dapat lebih bermanfaat untuk kota tempat tinggal tercinta 😀

Guru di hari istimewa kali ini adalah Shafiq Pontoh, yaitu seorang Co-Initiator Indonesia Berkebun @IDberkebun, Co-Founder Ayah ASI Indonesia @ID_AyahASI, Chief Indonesia Berkibar @IDberkibar, dll.

AdnG03S5FtVw3rcFFlfrgsk5s35xevOLxCaxlbbu6Oo

Shafiq Pontoh

Tanggal 18 Mei bertempat di Nic’s Cafe, sekitar pukul 7 pagi para relawan telah berkumpul di cafe di jalan Ir. Juanda itu mempersiapkan kepentingan kelas special ini. Mas MC, Danny Brahmantyo dan guru kita mas Shafiq Pontoh juga datang sebelum acara berlangsung.

Di mulai pemutaran video testimoni tentang komunitas yang diwakilkan oleh komunitas Bekasi berkebun, Kampung Fiksi, Ayah Asi Bekasi, dan Stand Up Indo Bekasi dibuka  oleh Mas Danny. Berbeda dari biasanya, kelas ke 19 ini di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Jadi inget masa sekolah ya :’))

VBlbPQSQLj2AdkAhItQ4L87TboNvYngl1znHY4_Uv1k

MC : Danny Brahmantyo

ZqASCQJ6rEWRtxN6YxkUHTjqz1kmvEEx7g5wPopfXo0

Menyanyikan Indonesia Raya

Sejumlah komunitas pun hadir memenuhi ruangan Nic’s, diantaranya :  Ayah ASI, Bekasi Berkebun, Bekasi Urban City, Bekasi Cyber, Zeus Community, Komunitas Anti Miras, Emak-Emak Blogger, Earth Hour Bekasi, Nebengers, Blogger Bekasi, Kampung Fiksi, KSM Bekasi, Komunitas Besar Indonesia, Para Backpacker, hingga Abang Mpok Bekasi juga datang loh!

GscH5GM5tS-h3XZxWE9LBfUPkKsVFgLATECWXMZ-iHY

Komunitas Emak-Emak Blogger

cO3cM5RtmvSETexydPN1KxqaHXijmNF49sabOfJANIQ

Komunitas Para Backpacker

MMC9IQ8YlrLLq9GZTdwtlm1Gu0BclebH50cNMonOTu0

Komunitas Besar Indonesia

Zeus Community

Zeus Community

Earth Hour Bekasi

Earth Hour Bekasi

Abang Mpok Bekasi

Abang Mpok Bekasi

Dan sekitar pukul 10, Mas Shafiq memulai materinya yang  fresh, karena beliau khusus membuatnya untuk kado Akber bekasi! Duhh, mas Shafiq :’)) *speechless* Ini dia, kado mas Shafiq untuk Akber Bekasi, yaitu  5 W + 1 H Komunitas, What? Why? Who? When? Where? How?

Untitled Pembahasan pertama, dari yang paling penting, yaitu : “WHY”. Jadi, dalam membentuk komunitas, kita harus memulai dari kata “WHY”! Why? Kenapa? Why? Karena munculnya komunitas itu berawal dari keresahan dan ketertarikan. Contohnya saat mas Shafiq dulu membuat Ayah Asi bersama teman-teman lainnya karna Ia dan teman-teman ingin lebih mendapat pengetahuan tentang ASI dan memberi dukungan penuh kepada istrinya yang sedang menyusui walaupun bukan untuk mengambil peran untuk bisa menggantikan menyusui tapi untuk berbagi pengetahuan akan pentinganya ASI itu sendiri. Begitupula saat beliau membentuk Indonesia Berkebun, karena ketertarikannya dalam dunia masak-memasak dan ingin memilki bahan masakan dari kebunnya sendiri.

SO, WHY??

Setelah “WHY” tahap selanjutnya adalah “WHO” Siapa yang akan melakukannya? Dalam komunitas, bukan siapa ketuanya, tapi siapa Leader nya yang akan memimpin jalannya komunitas tersebut. Selain siapa orang yang membangunnya (personal), tapi juga dibutuhkan komunitas lain yang dapat berkolaborasi yg punya ketertarikan yg sama.

Selanjutnya adalah “WHERE”, karena “Where” ini akan menjadi tempat yang tetap untuk para anggota komunitas berkumpul secara rutin. Dan ketika “WHY” dan “WHO” nya sudah sejalan, maka bertumbuh komunitas tersebut akan lebih cepat.

Lalu, “WHEN” yaitu sekarang atau nanti-nanti. Ada beberapa komunitas yang terbentuk karna memang urgency yang sudah dibutuhkan banyak pihak. Dan “When” juga berati ketersediaan waktu yang kita luangkan agar bisa berkegiatan dikomunitas. Untuk itulah sebuah komunitas butuh chemistry, menyenangkan, juga berarti. Jadi, tugas dan pekerjaan di komunitas seberat apapun, wajib dibawa enjoy!

Untuk W yang terakhir adalah WHAT”. Tapi kenapa “What” ya, yang mungkin untuk banyak orang ini adalah yang utama? Nah iya justru, hanya butuh brainstorming sedikit untuk menjawab “What”  bila “why” & “who” nya sudah mantap!

Terakhir, barulah “HOW”. Dan berikut Tahap-tahapnya.

Untitled1

Untitled2 Petikan lain dari mas Shafiq adalah : Komunitas dan Kolaborasi itu penting, kenapa? karena Bangsa ini berawal dari itu! Dan dalam membangun komunitas, butuh yang namanya “Rutinitas” untuk membangun massa.

Jika belum puas dengan ulasan disini, Mas Shafiq bersedia loh di tanya via email dan twitter, mention aja yah @ShafiqPontoh.

Materi mas Shafiq usai, disambut banjirnya pertanyaan dari para peserta yang memang sangat peduli dengan komunitasnya. Tak kalah lagi dengan kepudulian salah satu Abangnya komunitas Bekasi yaitu bang Ronny Hermawan yang menyempatkan hadir hari itu demi ultah Akber Bekasi dengan memberikan ucapan dan nasehat untuk para penggiat komunitas di Bekasi.

Bang Ronny Hermawan

Bang Ronny Hermawan

Acara belum tuntas dan semakin seru dengan kedatangan perwakilan dari Komunitas Stand Up Indo Bekasi yaitu bang Robert dan Hernawan Yoga yang akan memeriahkan ultah Akber bekasi dengan Open Mic.

Open Mic Yoga dari Stand Up Indo Bekasi

Open Mic Yoga dari Stand Up Indo Bekasi

Yang juga istimewa, untuk Akberian yang tidak bisa hadir, kelas kemarin itu livestreaming via @KoplakYoBand. Belum lagi sejumlah hadiah dari sponsor juga komunitas yang berbagi souvenir semakin membuat acara meriah. Yaitu ada cokies dari @SuvenirCoklat , mug dari @smkitaco, voucher dari @zaidahejab, t-shirt dan buku dari @Kampungfiksi , bibit tuktuk dari @BekasiBerkebun, voucher dari @siomaydermaga .

Bekasi Timur-20130518-00479

Live Streaming via KoplakYoBand

Sebagai acara puncak, tidak afdol kalo ultah nggak tiup lilin! Puding dari @DapurEyang lah yang menjadi Birthday cakenya. Yaeeayy!!! Terima Kasih banyak yaaa semuaa semuaaa semuaaa… Semoga materi dari Mas Shafiq bermanfaat dan bisa langsung diaplikasikan. Berbagi Bikin Happy! \m/

sL8bAk2oWRcorLcKer63O6nQQjvYKTrXGKpwn0lj0G8

Relawan Akber Bekasi bersama Bang Ronny dan Mas Shafiq

NB: Untuk mengunduh materi kelas 19 Akber Bekasi , berikut linknya : Memberdayakan Komunitas

Iklan

5 responses to “1th Anniversary Akademi Berbagi Bekasi

  1. Selama ini kalau ngomongin kampung halaman aku selalu membayangkan kota tempatku di besarkan, atau kampung halaman my roomate. Baru setelah anak sulung kami kuliah dan kos di luar kota aku seperti tersadar bahwa Bekasi adalah kampung halaman anak-anakku. Tempat kami sekeluarga tinggal. Itulah yang membuatku tertarik datang ke Akber Bekasi untuk mengetahui ada apa sih ribut-ribut? Eh enggak… bukan ribut-ribut melainkan seru-seruan. Terima kasih para penggagasnya dan pelaksana. Bulan depan ikutan lagi yaaa!

  2. Sukses buat akber bekasi, di tunggu kelas-kelas berikutnya..insya ALLAH ikutan hadir lg 🙂

  3. selamat aniv 🙂 semoga ke depan makin banyak membawa manfaat bagi semakin banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s