Jadi Siswa Sekaligus Wirausahawan, Siapa Takut?

 

Usia bukan halangan untuk berwirausaha. Malah berwirausaha sejak muda akan mempercepat kesuksesan kita berwirausaha!

Ga percaya??

Arry Rahmawan sudah membuktikannya.  Lalu mereka berbagi inspirasi wirausaha di kelas Akber Bekasi (#AkberBks21) dengan tema Yang Muda Yang Berwirausaha, di kediaman Pak Barra_CAD dari TDA Bekasi. Tempatnya nyaman banget lho… 🙂

Image

Kak Arry Rahmawan adalah Ketua TDA Kampus periode 2013-2015. TDA atau Komunitas Tangan di Atas merupakan komunitas yang telah berhasil menumbuhkan banyak wirausahawan sukses. Kak Arry merupakan seorang pengusaha di bidang pendidikan, lembaga taining dan biro privat melalui Cerdas Mulianya.

Lulus S1 dari Fakultas Teknik dengan IPK 3,79. WoW! Meraih prestasi sebagai mahasiswa berprestasi FT UI 2012, saat ini masih aktif sebagai mahasiswa Pascasarjana FT UI juga sebagai penulis buku Kewirausahaan dan Pengembangan Pemuda Indonesia. Bukunya yang akan terbit berjudul Studentprenuer Guidebook.  Anak-anak Komunitas Siswa Wirausaha harus baca buku ini nih…

Kak Arry mengungkapkan bahwa saat ini era globalisasi semakin ketat, sehingga kunci memenangkan persaingan adalah dengan meningkatkan daya saing di berbagai sektor. Tau kan, gak lama lagi kita akan memasuki era Komunitas ASEAN 2015, di mana semua negara ASEAN akan jadi satu kesatuan tunggal, termasuk pasar dan tenaga kerjanya. Nah… Siapkah kita??

Untuk menjadi wirausaha, keinginan aja tidak cukup harus juga kita pintar dan terpelajar. Jadi untuk yang masih menjadi pelajar dan ingin berwirausaha, pendidikan tetap penting. Menjadi pelajar tidak cukup hanya dengan duduk di kelas, namun kita bisa membentuk mindset kita. Memperbanyak pengembangan soft skills kita, memperluas jaringan dan yang pasti menjadi pelajar kita banyak mendapat diskon untuk belajar terutama diskon harga 😀

See? Dengan menjadi pelajar merupakan anugerah bukan hambatan. Bersyukurlah untuk orang yang masih bisa mengenyam bangku pendidikan.

Balik lagi ke topik bisnis. Sebenarnya apa sih kewirausahaan itu? Wirausahawan adalah seorang yang berani memulai sebuah usaha sendiri, dengan cara menyediakan barang atau jasa yang diminta, baik untuk perorangan maupun perusahaan lainnya, untuk menghasilkan keuntungan.

Bagaimana metode sampai kita memperoleh keuntungan itu?

  1. Miliki IDE
  2. Validasi ide tersebut –> Ciptakan… Jual…
  3. Terakhir: bangun sistem.

Nah biasanya orang bingung untuk menemukan ide usaha, namun sebenarnya mencari ide tidaklah serumit yang kita bayangkan. Bahkan di banyak kasus, ide tersebut muncul dari lingkungan kita sehari-hari. Ide bisa di mulai dari hobi atau bisa juga berdasarkan keahlian yang kita punya. Niscaya kita akan lebih enjoy untuk menjalaninya.

Kak Arry juga berpesan untuk menempatkan sistem di urutan terakhir. Work first, then create system ..

Awal berdirinya usaha mungkin kita akan menjadi single fighter untuk usaha kita, namun seiring dengan berjalannya waktu, kita bisa mendelegasikan sebagian dari pekerjaan tersebut. Yes, couldn’t agree more .. dalam berwirausaha Kak Arry berpesan untuk selalu belajar bisnis, baik ilmu maupun prakteknya! Nah..

Darimana memulainya?

Kak Arry berpesan untuk mengikuti passion yang kita miliki.

  • Passion merupakan kekuatan kita. Cari hal yang paling kita nikmati, lalu lakukanlah.
  • Setiap orang unik, maka hiduplah dengan keunikan kita masing-masing. Sedihnya, hanya 3% saja manusia di dunia ini yang memahami apa passion-nya dan hidup dengannya.
  • Phiww… mulai saat ini buat rencana dan arah hidupmu. Jika kita tidak merencanakan hidup kita, maka selamanya kita akan menjadi bagian dari rencana orang lain.
  • Buatlah target-target dalam hidup kita dan patuhilah!
  • Bertemanlah dengan siapapun, namun bijaklah memilih sahabat dekat, karena mereka juga akan menentukan nasibmu kelak.

Wow, benar-benar keren materi dari Kak Arry ini, jangan lupa follow beliau ya di @ArryRahmawan atau buka web nya di www. arryrahmawan.net. Jadii siapa bilang pendidikan itu ga penting?

Setelah sesi Kak Arry, giliran saya memperkenalkan Komunitas Siswa Wirausaha.

Komunitas ini merupakan komunitas siswa yang di inisiasi oleh siswa/i SMK ITACO yang memproduksi produk/jasa untuk membentuk jiwa kewirausahaan sekaligus juga membantu keperluan pendidikan mereka.

Produk yang di hasilkan seperti mercahndise (mug, pin, kaos), jasa design dan juga akan merambah ke food and beverage dengan rujak es krim sebagai andalannya.

Kami juga secara berkala mengundang wirausahawan untuk secara sukarela berbagi ilmunya seperti juga Mba Ollie @salsabeela yang pernah sharing tentang inspirasi wirausahanya.

Sebagai siswa, pastinya mereka pun ingin bisa berwirausaha juga dan mereka mempunyai motivasi lebih untuk itu, semoga akan semakin banyak ilmu-ilmu yang mereka dapat salah satunya lewat kelas Akber iniJ untuk info lebih lanjut bisa colek @siswawirausaha atau siswawirausaha.com. Ditunggu interaksinya yaaaaa!

– @suzieicus –

Iklan

One response to “Jadi Siswa Sekaligus Wirausahawan, Siapa Takut?

  1. Ping-balik: Akber Bekasi - Jadi Siswa Sekaligus Wirausahawan, Siapa Takut? | Akademi berbagI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s