Ulang Tahun Akber Bekasi ke 4

 

Setiap ada Akber kota yang berulang tahun, ingatan saya selalu melayang pada obrolan dengan para relawan. Keluhannya gak pernah jauh-jauh dari relawan yang datang hanya saat keriaan dan hilang saat diperlukan, atau relawan yang menggebu-gebu di awal kemudian hilang entah kemana. Keluhan berikut adalah soal murid yang sudah daftar tapi gak datang serta guru dan tempat yang susah dicari.

Dari semua kota, persoalannya hampir sama. Ini tentang manusia. Manusia seluruh Indonesia yang memiliki problem mengenai komitmen dan kosistensi. Yang masih menganggap belajar hanya untuk mencari selembar ijazah atau sertifikat. Problem yang akut dan sekarang kita menuai hasilnya. Kualitas manusia yang tidak kompetitif. Kalah sama, bahkan dengan Vietnam yang berasnya aja dulu kita sumbang.

Akankah kita terus begini? Sehingga lama-lama tergerus persaingan global dan kembali terjajah secata nyata dalam bidang yang paling krusial: ekonomi dan penguasaan kekayaan alam.

Perubahan tidak ada yang mudah dan cenderung menyakitkan. Apalagi perubahan mental. Butuh pendidikan yang memakan waktu lama. Begitu juga gerakan Akademi Berbagi. Bukan kegiatan hore-hore dan langsung berhasil. Ini jalan yang panjang dan terjal. Tetapi dengan semangat dan kebersamaan, semua rintangan akan bisa kita lalui. Dengan kegembiraan, setiap problem bisa kita atasi sehingga akhirnya perubahan itu terjadi.

Selamat ulang tahun Akber Bekasi, pasang sabuk pengaman kalian dan nikmati perjalanan panjang ini. Karena di ujungnya ada nyala perubahan yang akan menerangi kotamu, negeri ini.

Ainun Chomsun

Founder Akademi Berbagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s