Category Archives: Menulis dan Blogging

Book Publishing #AkberBks15

kelas

Di Tanggal 9 Februari, sekian kalinya Akademi Berbagi Bekasi membuat kelas bertema Menulis atau Buku, karena sebelumnya AkberBks mempunyai beberapa kelas bertema sama yaitu : “How To Sell Your Writing” bersama Ibu Guru @IndahJuli, Travel Writing bersama Ika Wulandari, lalu “Menjadi Aktivis Penulis Buku dan Blogger”, dan kali ini temanya adalah “Book Publishing” bersama Windy Ariestanty.

Mbak windy yang muda, santai dan asik ini ternyata adalah seorang Pemimpin Redaksi di Penerbit Gagas Media dan Bukune. Ia juga seorang penulis buku yaitu, Life Traveler, The Journeys, Kala Kali dll.

Disemua kelas Menulis/Buku AkberBks tidak pernah sepi murid, begitu juga dikelas ke 15 ini. Walaupun kelas agak terlambat karna mati lampu, dan dimulai sekitar 10.30 tetap tidak menurunkan antusias belajar para murid Akber..

Mbak Windy yang memang sudah datang sebelum pukul 10 ini datang jauh-jauh bersama teman editor lainnya. Kelas dibuka oleh salah satu relawan, yang waktu itu baru mencoba untuk membuka kelas (jadi maklum rada grogi ya, kan belajar).

Kelas di salah satu ruangan SMA 2 Bekasi itu tampak penuh dan ternyata dihadiri murid-murid yang juga sudah menerbitkan buku loh, wow!

Kelas dimulai dari penjelasan mbak Windy bahwa saat ini sudah makin banyak anak muda Indonesia yang bermimpi jadi penulis, karena ternyata Penulis adalah profesi masa depan yg dicari semua perusahaan.

Walaupun jaman sekarang sudah eranya audio & video, kecakapan menulis tetap tidak tergantikan. Seperti di social media, terutama twitter. 140 karakter membutuhkan kecerdasan menulis efektif. Makanya, komunikasi setelah memasuki bahasa tulisan, akan menjadi lebih menantang.

The benefits (Manfaat)

  •  royalty
  •  copyrights
  •  profession (full time writer)
  • •well-known
Bagaimana agar naskahya bisa diterima :
  • choose the right publisher
  • gain a lot of information about the publisher
  • follow all the requirements if you want to submit your manuscripts
  • just wait for the publisher’s reply
 Jangan lupa juga :
  • type your manuscripts
  • attach the synopsis
  • give some reasons why they’ve to publish it (strengths)
  • package your manuscript nicely
  • make sure you leave your name, address, e-mail, and contact numbers
  • create the titles
  • call the editors at the perfect time
Dibalik jawaban Ya atau Tidaknya naskah diterbitkan itu….
  • having a powerful theme
  • the ‘it’ topic
  • answering the market needs
  • well-written
  • different and unique
 Jika sudah diterima, hal berikut yang akan dilakukan
  • editing & revision
  • signing the agreement
  • getting it published
 Bagaimana mendapatkan penerbit yang tepat?
  • searching about their track record
  •  identifying their characters
  •  covered area for distribution
  • writers’ experience-exchange
 Terakhir, kelas ditutup dengan tanya jawab, dan ternyata mbak Windy membawakan 3 buku untuk 3 penanya pertama. Wah, udah nanya dapat buku gratis pula! Keren-keren juga bukunya. Seruuu!! Berbagi Bikin Happy!!
*maaf ya billingual gini, semoga tetap bisa dimengerti. ^.^

Menjadi Aktivis Penulis Buku dan Blogger bersama Akber Bekasi

Asiknya mengikuti Kelas Akber Bekasi dengan tema penulisan dan blogging sangat banyak kawan, walaupun sebelumnya sedikit pusing mencari gedung H Unisma Bekasi dimana lokasi kelasnya mengambil tempat.

Apa yang kemudian kawan bisa dapatkan… ??

Ternyata buanyak kawan…

Salah duanya adalah bisa ketemu langsung dan menimba ilmu dari dedengkotnya guru yg paling blogger Om Jay (Pak Wijaya Kusumah) dan prkatisi bloger Daeng Amriltg.

Wuihh… Kawan, pokok e gak terkira kucuran ilmu yang dibagi keduanya deh, serasa disiram air terjun niagara yang terkenal di amrik itu.

Om Jay dengan gaya khas presentasinya yg jenaka serta aktraktif dengan membagikan gratis hadiah majalah & uang 50rb, menjelaskan pentingnya menulis dan membuat buku, bahkan om jay membeberkan teknisnya sampai pada proses percetakan dan negosiasi dengan penerbit.

Pada sesi om jay ini Sy terkesan sangat dengan mantranya yang propokatif yaitu “Menulislah setiap hari dan buktikan hasilnya”.

252180_10151324069543486_1521806164_n-11

Nah giliran Daeng Amriltg yang membedah lebih pada bagian penulisan di media Blog, diantaranya bliau menceritakan pengalamannya tertimpa durian rejeki karena hobby menulis yg telah dijalaninya sejak tahun 2003 ini.

Menjadi penulis bagus, jadilah pembaca yang rakus dan Aku menulis maka aku ada merupakan mantra provokatip serta menggugah dari Daeng Amriltg.

Terima kasih om jay, terima kasih daeng amriltg dan tidak lupa terima kasih kepada Akber Bekasi yg telah memediasi pertemuan yg mencerahkan di akhir pekan lalu.

Salam Tulis,
@ludwinardi | 313FE116
BukanSiapaSiapa

 

Tulisan Murid tentang Kelas How to Sell Your Writing

Inilah liputan/tulisan murid-murid Akber Bekasi di blog masing-masing, mengenai kelas “How to Sell Your Writing” bersama Indah Juliani Sibarani (@IndahJuli)

  1. How to Sell Your Writing – Motivasi Menjadi Penulis Profesional by Aagun
  2. How to Sell Your Writing – Bagaimana Agar Tulisan Kita Mempunyai Nilai Jual by alghurobaaalwee
  3. Akademi Berbagi Kelas Ke-4 by Kornelius Ginting
  4. How to Sell Your Writing, Akademi Berbagi Kelas ke-4 by Kornelius Ginting Munthe
  5. Akademi Berbagi Bekasi by Nazma Tiara

Terima kasih atas tulisannya.  Tetap produktif yaaaaa!

Berbagi bikin happy!